Dalam rangka mempererat hubungan yang saling menguntungkan antara Jurusan / Prodi / Departemen PLB / Pendidikan Khusus , khususnya dalam Tri Dharma Perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian pada masyarakat), Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang mengadakan MOU (Memorandum of Understanding) dengan Jurusan / Program Studi  Pendidikan Luar Biasa Perguruan Tinggi Negeri Se Indonesia. Penandatangan MOU ini bertempat di ruang rapat gedung E1 dan dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd selaku dekan FIP.

Dalam sambutannya, Dekan FIP sangat bangga sekali dengan Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UM yang bisa merangkul semua Jurusan/Prodi PLB Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia untuk mengadakan MOU. Dengan diadakannya MOU ini, diharapkan maksud dan tujuan kerjasama dapat saling membantu dalam hal peningkatan kinerja masing-masing pihak, sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi yang profesional dan ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan atas kerjasama yang saling mendukung, melengkapi, menyempurnakan dan menguntungkan di kedua belah pihak.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh Dekan, Ketua Jurusan PLB FIP UM, dan masing masing perwakilan dari Program Studi PLB Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Manado dan Universitas Pendidikan Indonesia. (EBP)