Luar Biasa, itulah kata – kata yang patut diberikan kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa khususnya angkatan 2012 karena telah menyelesaikan tugas akhirnya yaitu skripsi. Selama kurang lebih 1 (satu) semester mereka mengerjakan dengan penuh suka maupun duka, akhirnya hari Rabu 18 Mei 2016 tunggulah saatnya yang ditunggu – tunggu yaitu pengumuman kelulusan ujian skripsi yang dilaksanakan mulai tanggal 16 – 18 Mei 2016.

Sudah menjadi tradisi di Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UM mahasiswa yang sudah ujian skripsi akan dikumpulkan bersama – sama untuk mendengarkan pengumuman lulus atau tidaknya mereka setelah menempuh ujian. Pengumuman dibacakan secara langsung oleh para pejabat yang ada di Jurusan PLB diawali oleh Ketua Jurusan Prof. Dr. M. Efendi, M.Pd, M.Kes, dilanjutkan oleh Sekretaris Jurusan Drs. Abdul Huda, M.Pd, Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd selaku ketua laboratorium dan yang terakhir pembina kemahasiswaan Jurusan PLB Dra. Sudarsini, M.Pd. Sebanyak 31 (tiga puluh satu) mahasiswa jurusan PLB FIP UM pada gelombang 1 (pertama) dari rencana 2 (dua) gelombang yang akan dilaksanakan pada semester Genap 2015 / 2016 ini dinyatakan LULUS.

Acara dilanjutkan dengan pengalungan bunga sebagai bentuk ucapan selamat oleh para Dosen di Jurusan PLB FIP UM dan siraman bunga yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PLB sebagai tanda ucapan perpisahan mereka dengan kakak tingkat. Filosofi yang digunakan oleh HMJ PLB adalah “ketika kita datang kita disambut oleh kakak kelas dan ketika kakak kelas lulus kita harus memberikan salam perpisahan”. (EBP)