Senin tanggal 2 Februari 2015, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang mendapat kunjungan tamu kehormatan dari Mahasiswa Jurusan Pendidikan Khas Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Kunjungan yang beranggotakan 69 orang diterima langsung oleh Rektor di Ruang Sidang Senat Gedung A3 Universitas Negeri Malang dengan penuh keakraban. Dalam pertemuan ini hadir pula Wakil Rektor I Prof. Dr. Hariyono M.Pd Wakil Rektor II Prof. Dr. Wahjoedi M.E. Wakil Rektor III Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed. Wakil Rektor IV Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed, Dekan Fakultas Ilmu Pendikan Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd beserta Ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes. Sedangkan dari UKM hadir Ketua Penyelaras Pendidikan Khas Prof. Madya Dr. Mohd Hanafi Mohd. Yasin Perwakilan Fakulti Pendidikan UKM Dr. Safani Bani Dr. Mohd. Mokhtar Tahar dan Ketua Rombongan IPG Teknik Negeri Sembilan Abdul Thalib Naim.

Dalam sambutannya Rektor UM menyampaikan bahwa dalam pertemuan ini kita dapat berbagi informasi antara kedua belah pihak berbagi pengalaman kesulitan dan solusi yang dapat kita ambil dalam menyelesaikan tugas bersama khususnya dalam penanganan anak berkebutahan khusus.

Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes selaku ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa menginformasikan bahwa di Jurusan yang beliau pimpin terdapat 12 mahasiswa berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan penglihatan. Dalam mengikuti perkuliahan mereka tidak ada perlakuan secara khusus, diperlakukan sama dengan mahasiswa normal lainnya. Hal ini dikarenakan para mahasiswa yang mengalami gangguan penglihatan sudah mempunyai teknologi pendukung yang bisa membantu mereka beraktifitas dikelas.

Dari perwakilan UKM sambutan diwakili oleh Prof. Mohd. Hanafi yang menyampaikan bahwa seluruh guru di Malaysia sudah dibekali pengetahuan dan praktek dalam menangani siswa berkebutuhan khusus dengan mewajibkan mengambil mata kuliah pendidikan Inklusif

Dalam kegiatan ini acara ditutup dengan diskusi serta tanya jawab antara pihak UM dengan UKM dan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh kedua belah pihak. (EBP)

 1frysham IMG_0881 IMG_0888 IMG_0932