Kuliah Tamu Kewirausahaan PLB

Rabu, 24 April bertempat di Aula Gedung E1 lt 2 FIP UM Jurusan Pendidikan Luar Biasa mengadakan Kuliah Tamu Kewirausahaan dengan tema ” Strategi Menjalankan Usaha : Pendekatan Dari Dunia Timur” dan dihadiri oleh semua mahasiswa angkatan 2016 dan angkatan 2017 yang berjumlah sekitar 250 mahasiwa.

Acara dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa Prof.Dr.Mohammad Efendi Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan sebuah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Dalam hal ini Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menangkap adanya peluang dan alternatif dalam meningkatkan standart kompetensi lulusan untuk menghadapi Era revolusi Industri 4.0 yaitu dengan cara mengembangkan kurikulum yang melahirkan sebuah mata kuliah kewirausahaan.

Kegiatan Kuliah Tamu ini menghadirkan narasumber Bapak Hariadi pemilik RM Ringin Asri Malang dan Ibu Feby selaku Manajer Mall Sarinah Malang. Pada paparan materi yang telah diberikan kedua narasumber menyampaikan bagaimana cara menjadi seorang entrepreunersip sejati. Selain acara seminar mahasiswa juga diarahkan untuk uji komptensi dan pameran produk yang telah mereka produksi sebagai tugas akhir yang bertempat di RM ringin asri. Beberapa produk oalahan makanan dan minuman yang menjadi unggulan antara lain Osuka Cake, Osugar, Sujang, Cegur, Hubaso, Pitik Gulung, dan masih banyak produk yang lainnya. Pada fase penilaian tim Juri yang terdiri dari tiga expert dibidangnya menyimpulkan bahwa hampir seluruh produk karya mahasiswa telah layak untuk di produksi secara masal dan dipasarkan ke masyarakat. Seperti yang di ungkapkan salah satu juri ibu feby menyampaikan komentar pada salah satu stand produk “kemasannya sudah layak di branding dan dijual di kafe atau outlet” tuturnya.