Malang, 9 March 2015, Mahasiswa Jurusan PLB angkatan 2012 akan berbagi cerita tentang serunya KKL kami yang berkunjung ke Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta pada tanggal 9-14 Maret 2015. Dengan menggunakan jasa Arini Tour and Travel kami berangkat KKL, travel menyediakan menyediakan 2 bis, berbagai fasilitas termasuk konsumsi, dan rute perjalanan dari Malang hingga kunjungan ke tempat-tempat tujuan baik di sekolah, universitas, dan tempat wisata. Sebelum berangkat pada pukul 08.00 WIB, rombongan berdoa bersama yang dipimpin oleh Pak Efendi. Oiya, dosen yang ikut mendampingi kami adalah Pak Huda, Bu Wiwik, dan Bu Darsini. Oke, we will enjoy the long trip.

Jakarta, 10 Maret 2015, Setelah melewati perjalanan yang panjang selama kurang lebih 20 jam, akhirnya kami tiba di Jakarta. Kunjungan kami yang pertama adalah SLB Pangudi Luhur di Jakarta Barat, SLB ini khusus untuk menangani peserta didik tunarungu dari TK, SD, SMP, dan SMA. Di sekolah ini kami disuguhi pertunjukan tujuh siswa-siswi dari TK – SMA tunarungu yang membacakan puisi, bukan dengan bahasa isyarat tetapi dengan bahasa Indonesia lho ya. It so amazing!!! Baru kali ini kami menyaksikan anak tunarungu yang mahir berpuisi bukan dengan bahasa isyarat lagi. Di SLB ini kami mendapatkan pengetahuan bahwa system pembelajaran anak tunarungu disini menggunakan oral saja tanpa menggunakan bahasa isyarat. Perjalanan kami selanjutnya ke UNJ (Universitas Negeri Jakarta), yang menarik disana adalah sambutan teman-teman UNJ yang mementaskan opera yang sangat lucu. Kami sangat terhibur dengan penampilan mereka. Trip Jakarta terakhir adalah di UNJ, karena kami harus melanjutkan perjalanan ke Bandung. Good bye Jakarta. Bandung, We are coming!

Lembang, 10 Maret 2015 pukul 20.00, Tibalah kami di lembang pada malam hari, sebelum ke hotel kami menikmati ikan bakar yang sangat lezat. For your information, udara di Lembang dingin sekali. Perlu selimut berlapis-lapis agar tubuhmu tak menggigil. Hotel BMI, Bumi Makmur Indah menjadi tujuan kami untuk beristirahat selama dua hari di Bandung. Okay, it’s time to take a rest, see u tomorrow.

Bandung, 11 Maret 2015 pukul 08.00-15.00, Kunjungan ke tiga kami di Bandung adalah SLB Tunanetra Kota Bandung, yang menangani semua anak tunanetra. Beberapa guru diSLB ini juga tunanetra,yang penting adalah mereka memiliki semangat yang kuat untuk mengajar. Di SLB ini kami disambut oleh Urba dan teman-temannya yang membawakan lagu ciptaan mereka sendiri berjudul Bidadari dari Surga. Lagunya sangat enak, kami rasa Urba’s Group suatu saat bisa menjadi penyanyi terkenal. Aamiin.

Siangnya kami melanjutkan perjalanan ke UPI, kami disambut oleh HMJ PLB UPI dan materi SSR (Single Subject Research) oleh Prof. Juang. Di akhir acara, panitia mempersembahkan mars PLB UPI, Hymne PLB, serta lagu tentang ABK yang diciptakan oleh mahasiswa.

Cihampelas 11 maret 2015 pukul 16.00-16.00

Akhirnya, setelah empat kali berturut-turut ke instansi pendidikan, kami berwisata belanja ke Cihampelas City Work. Sayangnya, ketika kami tiba di sana, hujan deras menyapa. Di sana kami berbelanja oleh-oleh khas bandung seperti kaos, sandal, tas, gantungan kunci, dan lain-lain. Dua jam, kurang bagi kami untuk menikmati waktu berbelanja. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Hotel untuk beristirahat, menyiapkan energi untuk aktivitas esok hari.

Bandung, 12 maret 2015 pukul 08.00-11.00

Hari ke tiga kami melanjutkan kunjungan ke SDSN Banjarsari. Sekolah tersebut memberikan layanan pada anak berbakat dan memiliki kecerdasan istimewa. Kami disuguhi penampilan dari beberapa anak didik sekolah tersebut, mulai dari menyanyi dan memainkan alat musik. Disambut oleh kepala sekolah yang sangat ramah dan sangat terbuka untuk memberikan informasi yang sangat berguna bagi kami tentang bagaimana memberikan pelayanan yang baik bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya anak dengan bakat dan kecerdasan istimewa.

Tangkuban Perahu, 12 maret 2015 pukul 12.00 – 14.00

Tujuan wisata yang kami kunjungi berikutnya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Pemandangan yang sangat indah, kami bisa melihat kawah belerang yang sangat menawan. Tak pernah lupa untuk mengabadikan setiap momen yang berharga, berfoto dan selfie ria bersama teman yang tak terlupakan. Setelah puas menikmati keindahan Tangkuban perahu, kami lanjut ke pasar Cibaduyut. Hujan turun yang tanpa basa-basi tidak menyurutkan langkah kami untuk berwisata mata dan belanja di Cibaduyut. Tempat wisata yang menjadi salah satu kebanggan masyarakat Jawa Barat.

Jogjakarta, 13 Maret 2015 pukul 08.00 – 12.00

Selamat pagi Jogjakarta. Aktifitas pagi ini diawali dengan kunjungan ke SLB Helen Keller Indonesia. Kunjungan terakhir yang sangat berkesan. Kami melihat aktifitas para suster yang dengan semangat mendidik anak-anak dengan Multiple Disabilities Visual Impairment (MDVI) . Seperti halnya dalam film Helen Keller, kami begitu terkesan ketika melihat salah seorang siswa bernama Handoko dengan hambatan penglihatan dan pendengaran total, ia mampu berkomunikasi dengan hand to hand layaknya Anne Sulivan dengan Helen Keller.

Malioboro, 13 Maret 2015 pukul 14.00

Inilah penghujung KKL 2015, kami puaskan untuk berjalan dan berbelanja ke Malioboro, sambil melepaskan penat beberapa hari perjalanan. Berfoto dibawah papan tanda, jalan Malioboro, pasar Bringharjo, Stasiaun Kereta Api Jogjakarta, dan tempat wisata lainnya yang ada disekitar Malioboro. Sampai berjumpa lagi Jogjakarta, senja yang indah dan tak akan terlupakan mengantarkan kami melanjutkan perjalanan kembali ke Malang. Kenangan yang tak akan terulang kembali untuk tahun berikutnya, tempat, waktu dan keadaan yang sama. Tepat pukul 05.00, Sabtu 14 Maret 2015, rombongan sampai di Universitas Negeri Malang tercinta dengan selamat dan berjuta kenangan. Semangat PLB, semangat Luar Biasa.